• Danrem 151/Binaiya Pimpin Upacara Awal Bulan Mei

  • Korem 151/Binaiya Laksanakan Lari Jalan

Prajurit Korem 151/Binaiya Dibekali Longmalap

Posted by: | Posted on: Januari 25, 2017

Sebanyak 80 orang personil Korem 151/Binaiya, melaksanakan latihan long malap (Pertolongan Pertama Lapangan). Latihan dilaksanakan usai Apel pagi, Rabu (25/1) bertempat di lapangan Makorem 151/Binaiya dan diikuti oleh prajurit baik Perwira, Bintara maupun Tamtama Korem 151/Binaiya.
Materi latihan longmalap sangat penting diberikan kepada prajurit karena selama ini, banyak sekali ditemukan dilapangan saat kondisi darurat terjadi di sekitar kita, sering orang tidak memahami bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada saat kondisi darurat tersebut, contohnya pbila terjadi kecelakaan. Bila kita memahami bagaimana harus bertindak cepat dalam memberikan bantuan longmalap kepada korban kecelakaan maka banyak nyawa yang dapat tertolong melalui tindakan dengan teknik P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang benar. Beberapa kasus darurat yang sering terjadi dan ditemukan disekitar kita antara lain seperti, pingsan, pergeseran sendi (Disklosa), terkilir (keseleo), luka benda tumpul dan tajam, perdarahan waktu hamil, kelahiran mendadak, kebakaran, luka bakar, shock aliran listrik, tenggelam, patah tulang, gigitan dan sengatan, kejang-kejang, pada dasarnya dapat segera dilakukan tindakan cepat guna melakukan pertolongan. Oleh sebab itu perlu adanya pengetahuan bagi semua prajurit tentang teknik P3K yang baik dan benar. Dalam praktek juga dijelaskan contoh salah satu cara dalam melakukan P3K bagi Korban pingsan, langkah-langkah yang harus diambil antara lain, pertama membuka jalan napas dengan mendongakkan kepala ke belakang dan gerakkan rahang bawah ke atas, apabila napas telah berjalan dengan baik maka posisikan korban pingsan dengan cara ditidurkan telungkup dengan kepala menoleh kesamping (posisikoma), kemudian segera meminta bantuan medis terdekat. Latihan longmalap tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan diberikan koreksi pada setiap sesi praktek dan semua anggota diwajibkan mencoba untuk memastikan bahwa prajurit mampu melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai ketentuan. Kemahiran dan ketangkasan melaksanakan penanganan longmalap merupakan kebutuhan mutlak bagi prajurit, sehingga setiap prajurit harus mampu melaksanakannya dengan baik sehingga dapat diterapkan untuk mendukung pelaksanaan Tugas Pokok TNI baik pada tugas Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang.
Dengan kegiatan latihan longmalap bagi personil Korem 151/Binaiya diharapkan akan meningkatkan kemahiran dan ketangkasan dalam melaksanakan pertolongan pertama, sehingga mampu dan mahir dalam melaksanakan kegiatan tersebut serta dapat diaplikasikan terutama untuk membantu masyarakat. (Penrem 151/Binaiya)





Comments are Closed

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.